UNILAK SAMBUT MAHASISWA MELAYU THAILAND

120
Pekanbaru (SANGGAM.info) Sebanyak 10 (sepuluh) orang mahasiswa Thailand akan kunjungi Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru. Kedatangan Mahasiswa dari Universiti Of Songla ini dalam rangka mempermantap ilmu dan pengetahuan mereka seputar dunia Melayu.
Demikian disampaikan Wakil rector I Unilak DR. Junaidi, SS., M.Hum kepada SANGGAM.info Selasa malam, 11/07/2017, di kediamannya Pekanbaru. Dikatakan Junaidi, kesepuluh orang Mahasiswa tersebut adalah Melayu Thailand dan beragama Islam, “Mereka Islam dan saudara kita Melayu di Thailand,” kata Junaidi.
Dikatakan Junaidi, “Kedatangan mereka ini untuk mempelajari lebih dekat aspek-aspek  kebudayaan Melayu Riau khususnya. Baik tradisi, musik, sastra dan aspek lain. Sesuai jadwal-jadwal yang telah ditetepkan pihak Unilak. Disamping nanti mereka akan dibawa ke situs-situs sejarah Melayu di Riau, seperti di Istana Siak dan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar.
Selain itu juga akan kita ajak jumpa dengan tokoh-tokoh Melayu terutama tokoh lembaga adat Riau. Ini merupakan sebuah bentuk penghargaan kepada Unilak. Untuk itu kita minta keikut sertaan aktif para mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) untuk bersama memberikan gambaran Melayu kepada mereka,” Imbuh pria dua anak ini.
“Mereka adalah minoritas di Thailand. Etnis Melayu beragama Islam yang berasal dari daerah Pattani, Thailand. Selama dua pekan akan menimba ilmu tentang Melayu,” Sebut Junaidi. Meski diakui Junaidi akan sedikit bermaslah dengan komunikasi bahasa, “Namun mereka bisa berbahasa Melayu Kedah Malaysia. Meski agak terbata-bata, namun komunikasi itu akan terjalin dengan baik dan lancar,” Kata Junaidi sembari menyebutkan bahwa kesepuluh Mahasiswa Thailand itu diinapkan di Asrama Unilak.
Kita berharap hubungan Melayu secara global menjadi kuat. Karena Melayu itu tidak hanya ada di Riau, tidak hanya ada di Indonesia, tapi di manca Negara seperti di Thailand, Kamboja, dan Vietnam ini juga ada. Tentu saja melalui ajang ini kita berbagi. Berbagi pengetahuan tentang kebudayaan. Bahwa rumpun kita memang Melayu tapi ada beberapa perbedaan khasanah, cakrawala dan wawasan  kita sebagai orang Melayu.
Ditambahkan Junaidi, Universitas Lancang Kuning Pekanbaru untuk tahun ajaran baru ini juga memberikan beasiswa kepada kepada orang-orang Melayu yang ada di Thailand, Vietnam dan Kamboja. Beasiswa itu untuk sepuluh orang Mahasiswa dari tiga Negara tersebut. Tahun 2017 ini kita berikan sepuluh orang Mahasiswa,” Pungkas Junaidi. (Full)
Komentar Facebook