Refleksi Hari Sumpah Pemuda MEMBINGKAI MASA DEPAN PEMUDA

3742
c

Pemuda adalah lambing suatu bangsa. Jika pemuda yang dimiliki suatu bangsa kuat, maka kuatlah bangsa tersebut. Sudah selayaknya kita pemuda Indonesia mengemas diri, mengasah kemampuan dan mengabdi kepada masyarakat.

          Demikian disampaikan Rahmat Jevari Juni Ardo kepada SANGGAM.info selasa, 27 Oktober 2015. didampingi Taufik Sarkawi, SH Sekretaris DPD KNPI Kampar dan Khairul Azmi Bendahara KNPI Kampar, Ardo biasa pemuda 25 tahun ini disapa menyatakan curhat singkatnya tentang pemuda disela-sela kesibukannya persiapkan acara puncak Hari Sumpah Pemuda.

Lanjut Ardo, “Jika kita melihat dan menelaah pemuda Kabupaten Kampar, secara keseluruhan pemuda yang dimiliki Negeri Serambi Mekkahnya Riau ini punya potensi-potensi pengembangan diri yang baik,” Sebutnya.

Hal itu tidaklah berlebihan, meski terbilang baru berkecimpung di dunia politik praktis dan kepemudaan ini, langkah-langkah yang harus kita buat untuk pemuda Kampar ini adalah memotivasi, menggali potensi, memberi peluang serta pengembangan.

Sesuai dengan fungsi KNPI itu secara keseluruhan, bahwa KNPI itu adalah wahana seluruh elemen pemuda. Makanya tidak mustahil juga jika KNPI kita ini mapan secara ekonomi dan pendidikan, maka tak mustahil pengembangan diri pemuda akan lebih baik, yang tentu juga ya itu tadi pemuda yang dimiliki Kampar itu akan menjadi kuat.

Untuk para pemuda kita mengharapkan ada banyak hal yang dapat dilakukan. Salah satunya menggali potensi diri. Ini penting. Karena dengan adanya kesadaran akan menggali potensi diri akan menggiring pola pikir pemuda kea rah yang lebih baik. Kenapa? Jika seorang pemuda berani berfikir untuk menggali potensi yang dimilikinya, maka tak mustahil ia akan mencari solusi atau penyaluran potensi-potensi yang dimilikinya.

Ditambahkan Politisi Partai Demokrat ini, “Memang, tidak dipungkiri, untuk menggali potensi diri tersebut banyak hal yang harus dipertimbangkan. Terutama tingkat pendidikan, skill atau keahlian, dan yang sering kali menjadi kendala adalah permodalan. Tentu saya kira untuk hal yang satu ini pemuda juga tidak perlu diajari untuk mencari modal usaha lah ya,” Ujar Ardo lempar senyum.

Namun yang jelas, saya bersama kawan-kawan di KNPI Kampar akan senantiasa mencari formula terbaik untuk mengarahkan pemuda Kampar ke arah yang lebih baik, tentu saja kita minta sekali lagi, tanpa harus menunggu pemuda juga harus berbuat, berbuat dan berbuat, sesuai dengan tema Sumpah Pemuda kita untuk tahun ini yakni, ‘MERETAS JALAN PEMUDA UNTUK KEMANDIRIAN DAN PENGABDIAN,” Terang pemuda berkacamata ini serius.

Ketika ditanya, kesiapannya untuk 2017 yang akan datang, buru-buru Ardo melerai, “Akh, wartawan. Nanti dululah itu, ya, sesi berikutnya, hahaha..” Tawa renyah bung Ardo akhirnya pecah juga. (Full)

 

 

Data Singkat DPD KNPI Kab. Kampar :

 

Ketua Umum          : Rahmat Jevari Juni Ardo

Sekretaris UMum    : Taufik Sarkawi, SH

Bendahara             : Khairul Azmi

 

Jumlah OKP           : 40 OKP

 

Sekretariat             : Jalan Agussalim, Bangkinang

Komentar Facebook