PRAMUKA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK SD

125
Anak-anak SD Saat latihan Pramuka..
    Gunung Sari (SANGGAM.info) – Kwartir Ranting Gunung Sahilan terus melakukan pendidikan Kepramukaan untuk membentukkarakter anak-anak usia dini. hal itu mengacu pada undang-undangNomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan bahwa  Gerakan Pramuka adalah Organisasi  yang menyelenggarakanpendidikan non formal.
    Melalui pendidikan kepramukaan  sebagai bagian pendidikan nasional yang dilandasi sistem Among,  yakni prinsip dasar dan metode Kepramukaan, Demikian disampaikan Kak Obbi, salah seorang Pembina Pramuka di Kwartir Ranting Gunung Sahilan, kepada SANGGAM.info Selasa, 18/04/2017 di Gunung Sari.
    Menurutnya, dalam pendidikan kepramukaan diusia anak-anak SD akan memudahkan pembentukan karakter mereka.Sesuai pengertiannya pramuka  itu suatu kegiatan yang dilakukan di alam terbuka yang mengandung unsur pendidikan, dan ketangkasan. jadi aplikasi kegiatannya dengan mengadakan  kegiatan latihan. dikatakannya, untuk Kwartir Ranting Gunung Sari ini, kita melakukan kegiatan latihan sekali dalam seminggu. untuk menarik minat anak-anak usia SD ini, kita mengadakan kemah  kepramukaan pada Sabtu sampai Minggu. yang disingkat dengan PERSAMI.
    Dengan Kegiatan belajar sambil bermain ketangkasan Out Bond, bertujuan melatih pola pikir untuk bekerjasama dan menjaga kekompakan sesama siswa itu sendiri,” Ujarnya sembari sebutkan bahwa acara Kemah Kepramukaan ini dilakukan dilingkungan sekolah yang notabene hanya pihak sekolah yang terlibat dalam kegiatan ini, dengan mendapat izin dari para orang tua untuk mengikuti kegiatan ini bagi para siswa SD tersebut,” Kata Obbi lagi.
    Ditambahkan Obbi, Sangat tepat jika Pramuka menjadi salah satu sarana untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. sekaligus memupuk rasa kebersamaan, kegotong-royongan serta tujuan utamanya adalah membentuk karakter generasi muda. “Biasakan mendengar suara-suara generasi muda kita, berikan ruang kepada mereka agar anak dapat berpartisipasi aktif dimulai  dari lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat nantinya,” Ujar Obbi menyatakan Perkemahan Pramuka ini mulai dilaksanakan pada 15/04/2017 lalu di SDN 008 Suka Mulya. (Riko).
Komentar Facebook