PESERTA SERIUS IKUTI PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA

2009

Tapung (SANGGAM.info) Kegiatan yang ditaja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Kampar dikuti oleh 20 orang peserta untuk kecamatan Tapung. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor camat tersebut memberikan pengetahuan tentang penanggulangan bencana.

Pelatihan BPBD KPR
PESERTA SERIUS IKUTI PELATIHAN PENANGGULANGAN BENCANA

Menurut Kepala BPBD Kab. Kampar Irtarius, SP, M.Si kepada SANGGAM.info ketika dimaintai komentarnya menyebutkan, Bencana itu definisinya adalah terhentinya atau lumpuhnya aktifitas manayarakat, dan penanganannya harus tuntas dalam waktu 1 x 24 jam. Ini baru dikatakan bencana. Untuk itu selaku pihak yang ditugasi pemerintyah daerah Kampar untuk mengatasi hal tersebut sewajarnya melakukan pelatihan pada masyarakat untuk mengatasi bencana karena masyarakatlah orang yang paling dekat dengan bencana, papar Irtarius.

 

Dikatakannya, setakat ini kita mengadakan pelatihan bagi masyarakat dan syukurlah, mereka antusias dalam mengikuti kegiatan, lanjutnya. Ditambahkan Irtarius, untuk daerah Kampar setiap bencana itu taklah jauh berbeda. Untuk daerah Tapung biasanya jenis bencana yang dihadapi adalah ketika musim hujan terjadinya banjir dan untuk musim panas kebakaran hutan dan lahan serta angin putting beliung. Begitu juga dengan daerah lain, hanya saja untuk daerah Kampar Kiri Hulu dan XIII Koto Kampar serta Koto Kampar Hulu bencananya ditambah dengan longsor.

Pelatihan penanggulangan bencana ini narasumbernya adalah Tri Agus, SE, M.Si dari Dinas Sosial Provinsi Riau. Sementara itu dari BPBD Kampar narasumbernya adalah Zul Edi, harapan kita pemahaman masyarakat dan cara-cara awal penanggulangannya ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang telah diberi ilmu, untuk diterapkan jika nanti terjadi bencana,” Tandas Irtarius. (Full).

Komentar Facebook