PARIWISATA KAMPAR MENJANJIKAN

3983

Bangkinang (SANGGAM.info) Sebagai Kabupaten tertua di Provinsi Riau sudah selayaknya potensi-potensi yang dimiliki dikembangkan sebaik mungkin. Salah satu potensi sumber daya alam yang dimiliki Kampar adalah potensi pariwisata.

Demikian dikatakan Bupati Kampar melalui Kepala Dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga Kab. Kampar. Berbagai upaya telah dilakukan pemkab Kampar dalam menarik wisatawan local dan manca Negara untuk mengunjungi Kabupaten Kampar, namun hasilnya masih kurang menggembirakan. Hal itu karena masih terbengkalainya pembangunan sarana dan sarana penunjang untuk wisata itu sendiri, sebut saja perhotelan dan lain sebagainya, sebut Kepala Dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga Kab. Kampar Syamsul Bahri.

a1175f24-570d-4287-95fe-58b43316b9ab (1)

Hal itu dikatakan Syamsul Bahri saat menjamu SANGGAM.info diruangan kerjanya, kamis 03/12 2015. Dikatakannya, kita mengharapkan agar peran serta pihak swasta dalam pengembangan pariwisata di Kampar dengan menanamkan modalnya di sector ini. Dan kita berkeyakinan pemerintah Kabupaten Kampar akan memberikan kemudahan-kemudahan dalam investasi pariwisata yang diakui Syamsul belum maksimal seperti daerah lain di Jawa misalnya yang mana dunia pariwisatanya sudah baik.

Kita tidak musti berkecil hati, kita tetap mengupayakan dunia pariwisata Kampar terus bergerak dan berkembang. Upaya-upaya yang kita lakukan sudah cukup banyak, termasuk promosi yang sudah memadai, namun ya belum full power dalam upaya itu, ujar Syamsul Bahri hati-hati.

94cc54a4-8bc2-4f40-a735-e1c21d2eb70b

Dengan melihat geliat wisata yang berkembang saat ini, ketertarikan para turis lebih cenderung kepada wisata alam yang relative alami, sebut saja Air Terjun ‘Pedang’ Hulu Air di desa Lubuk Bigau (Desa Kebun Tinggi-sebelum pemekaran desa), Air Terjun Kopu (Kapur) di Kecamatan Koto Kampar Hulu, dan banyak tempat lainnya yang masih belum tersentuh. Sedangkan untuk daerah tujuan wisata yang sudah ada, seperti Candi Muara Takus, istana Gunung Sahilan dan Masjid Jamik Air Tiris belum menunjukkan angka pengunjung yang signifikan.

Ditambahkan Syamsul, sumberdaya alam sudah tersedia, namun kita juga akan mengupayakan sumberdaya manusia yang handal untuk mengemas potensi wsata ini, yaitu tadi caranya kita akan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pihak swasta untuk menanamkan modalnya di Kampar, tentu saja dengan tidak mengabaikan norma-norma adat dan agama untuk wisata di Kampar tercinta ini, imbuh Syamsul Bahri.

322b6b5e-9def-4b6d-80f5-cc01c0544453

Menyinggng upaya konkrit untuk tahun-tahun berikutnya, Syamsul tidak menyebutnya secara rinci. Namun upaya-upaya akan dilakukan. Namun yang jelas Bupati Kampar melalui Dinas Pariwisata mengharapkan dengan kerendahan hati, mari kita ciptakan kenyamanan dan keamanan Kabupaten in, apalagi kita akan menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Riau 2017 yang akan datang. Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah Kabupaten yang bermartabat dan bermarwah, Imbuh Syamsul Bahri mengakhiri. (Full).

b222862c-2988-4ccf-9ff4-6a712dcc3958

Komentar Facebook