Ninik Mamak Persukuan Pitopang Kenegerian Bangkinang Datuk Sinaro, Dinobatkan

61
Asisten Ekbang Setda Kab Kampar : Permasalahan Adat Diselesaikan Secara Adat
Bangkinang (SANGGAM.info) Adat Budaya Kampar Yang lekat dengan Adat basandi syarak, syarak basandi Kitabullah adalah adat yang didasarkan/ditopang oleh syariat agama Islam yang syariat tersebut berdasarkan pula pada Al-Quran dan Hadist.
Begitu juga suasana yang tercipta pada penobatan Ninik Mamak Persukuan Pitopang Kenegerian Bangkinang Abis Karni S. Pd Datuk Sinaro di desa Teratak Kecamatan Bangkinang. Sabtu, 28/1/17
Di awali dengan basioucung, petatah petitih para datuk petinggi adat saling tanya jawa, berbagi cerita, berbagi pendapat, memohon izin dalam penobatan datuk Sinaro sebab Penobatan ini telah melalui hukum adat.
Pj Bupati Kampar Syahrial Abdi yang di wakili oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kabupaten Kampar H Nurbit mengatakan Adat budaya Kampar melekat dengan tali berpilin tigo, tigo sajarangan sudah diterapkan dan dimasukkan ke visi misi Kabupaten Kampar tahun 2025.
Hal tersebut dikatakannya saat memberikan sambutan pada acara penobatan Ninik Mamak Persukuan Pitopang yang dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Kampar  Upika Kecamatan Bangkinang, ninik Mamak, tokoh masyaraka,  tokoh agama Serta masyarakat desa Teratak.
Nurbit menjelaskan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar sebenarnya mengakui tentang tanah ulayat namun ini harus ditindak lanjuti oleh pemangku adat dan dibicarakan dengan Pemerintah dan dikaji ulang agar dapat menjadi kesepakatan bersama sehingga dapat difahami oleh anak kamanakan.
Kemudian Nurbit juga meminta agar segala permasalahan adat dapat diselesaikan secara adat karena hukum adat tidak bisa satukan dalam hukum administrasi pemerintaha.
Nurbit juga menyampaikan bahwa pada bulan februari 2017 tepatnya hari Rabu tanggal 15 nanti Kabupaten Kampar akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, untuk Pemerintah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mempergunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, pilihan boleh berbeda namun jangan sampai kita terpecah  belah dan selalu menjali, memperkokoh silaturrahmi kita.
Sebelumnya pucuk adat kenegerian Bangkinang Datuk Bandaro Sati Prof Dr Amir Lutfi Meminta Ninik Mamak menyampaikan kepada anak kamanakan agar memberikan nasehat, memberikan pencerahan tentang etika dan adat sehingga benar-benar mengerti dan faham akan budaya, adat di kenegerian Bangkinang ini.
Sementara itu Datuk Khaidir Yahya BSc dalam menyampaikan selayang pandang perjalanan musyawarah anak kemanakan Persukuan Pitopang Kenegerian Bangkinang tentang pelantikan dan penobatan Datuk Sinaro mengatakan kedudukan jabatan tersebut sudah 2 tahun kosong, atas dasar itu maka anak kemanakan melakukan musyawarah untuk menobatkan Datuk Sinaro melalui berbagai proses hukum adat maka sepakat Awi Karni SPd Menjadi Datuk Sinaro. (Rls/Full)

Komentar Facebook