Ninik Mamak ‘Gerah’, Adakan Musyawarah

1718
Foto Bersama Ninik Mamak Usai Rapat

Bangkinang (SANGGAM.info) Persoalan Dubalang Kampar memasuki babak baru. Kisruh di tengah masyarakat ini sudah menimbulkan keresahan demi keresahan. Perdebatan panjang, saling klaim, bahkan Dubalang Kampar telah menimbulkan faksi-faksi di tengah masyarakat Kampar.
20160222_213708_resized
Untuk itu para Ninik Mamak di Kampar bersepakat mengadakan rapat awal membahas organisasi atau LSM Dubalang Kampar untuk tidak lebih menghancurkan sendi-sendi adat dan budaya di Kampar.
Sebuah pertemuanpun digagas. Senen, 22/02/2016, bertempat di kediaman Donal Althin DT. Majo Kayo, Bangkinang, sejumlah petinggi-petinggi adat di Kampar tampak hadir. Diantaranya, Niniok Datuok Rajo Dibalai, Ketua Lembaga Adat Kampar H. Sartuni, Fauzi Dt. Majolelo, Suhaili Dt. Mudo, dan beberapa Ninik Mamak lainnya.

Foto Bersama Ninik Mamak Usai Rapat
Foto Bersama Ninik Mamak Usai Rapat

Sementara itu dari kalangan DPRD tampak hadir Dedi Suheri. Sang Ketua DPC PDI-P Kampar tersebut tampak bercengkerama hangat dengan para pemangku adat. Disamping itu juga hadir Nazaruddin Chaniogo, tokoh masyarakat dari Tambang dan menariknya juga sosok pengacara Hafis Thohar, SH tampak menghadiri pertemuan tersebut.
20160222_212251_resized
“Pertemuan yang diadakan mala mini adalah langkah awal sebenarnya untuk mencarikan format atau formula bagaimana sikap yang harusnya diambil oleh Ninik Mamak dan Pemangku Adat terkait dengan lahrnya Dubalang Kampar. Sebab nama tersebut adalah milik Adat sementara apa yang dilakukan Dubalang Kampar bukanlah menurut cacao adat,” Kata H. Donal Althin Dt. Majo Kayo kepada SANGGAM.info disela-sela hiruk pikuknya usai acara pertemuan.

H. Donal Althin (Dt. Majo Kayo)
H. Donal Althin (Dt. Majo Kayo)

Kata Dt. Majo Kayo kenegerian Siberuang Koto Kampar Hulu ini, “Kita melihat adanya keresahan yang timbul di masyarakat Kampar disamping yang utama adalah gelar adat, status adat serta jabatan adat dipakai oleh LSM Dubalang Kampar,” Terang H. Donal Althin Dt. Majo Kayo. (Full/Rwhy).

Komentar Facebook