MAHASISWA THAILAND ‘MENDARAT’ DI UNILAK

88
Dekan FIB UNILAK foto bersama dengan Sepuluh Mahasiswa Prince University of Songkla Thailand.
            Pekanbaru (SANGGAM.info) – Kedatangan Mahasiswa Prince Of Songkla University, Campus Pattani terbukti. Sore ini sepuluh orang mahasiswa sudah berada di Pekanbaru, sore 15/07/2017. Kepada SANGGAM.info, ketua rombongan mahasiswa yang akan menimba ilmu Melayu Ibrahim Senglaeh mengatakan, “Kita menyadari bahwa melayu itu juga ada di Thailand dan belahan dunia lainnya. Meski keberagaman  tradisi Melayu tentu saja ada,” katanya dalam dialek Melayu Kelantan.
            Ibrahim mengatakan selain dirinya sebanyak Sembilan orang lainnya adalah : Sodeken Samoh, Zulhafis Ramlee, Natraret Kongsut, Aesoh Duerahing, Diana Kadengha’yee, Patimah Saha, Laibah Deyoh, Waeyachmi Wohko, dan Fatimah Hama.
            Dikatakan Ibrahim wilayah selatan Thailand ada tiga daerah Pattani, Jala, dan Narathiwat bersuku Melayu dan beragama Islam. Ketiga wilayah ini mayoritas beragama Islam, sebut Ibrahim, “Oleh karena itu satu suku bangsa Melayu rugi rasanya kalau kita tidaki mengetahui saudara-saudara kita dibelahan Indonesia. Untuk itu kita menyepakati Riau menjadi tujuan kita, persisnya UNILAK,” Kata pria muda ini.
            Lanjut mahasiswa yang tahun kedua dan ketiga ini, “kita akan membawa bekal ilmu dan wawasan Melayu Riau ke Thailand, dan kita juga sudah membawa informasi dan budaya Melayu Thailand untuk saling tukar ilmu dan wawasan. Soal apa saja dunia Melayu Thailand yang dibawa, itu kejutan. Nanti akan kita lihat sendiri,” seloroh Ibrahim yang sudah kali kedua datang ke Indonesia disambut tawa dan senyum rekan-rekannya. (Moes)
Komentar Facebook