KPU:PENGUMUMAN PEMENANG PILKADA DIUNDUR

354

Bangkinang (SANGGM.info) Secara keseluruhan tahapan Pilkada Kampar 2017 hampir rampung. Hanya tinggal satu tahapan lagi yakni pengumuman pemenang Pilkada Kampar 2017 berikut pengumuman pasangan Calon terpilih. Hal ini menyusul Rekapitulasi hasil perolehan suara Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar periode 2017-2022. Agenda Pengumuman tersebut sedianya dilakukan KPU Kabupaten Kampar hari ini, 08/03/2017. Namun dengan adanya surat Edaran KPU Pusat bahwa setiap Pasangan Pemenang Pilkada di daerah, harus mempunyai satu syarat yakni Surat Ketrangan dari Mahkamah konstitusi. Demikian disampaikan Yatarullah kepada SANGGAM.info di ruang kerjanya Rabu siang, 07/03/2017 di Bangkinang.

Menurut Yatarullah, “Memang, dalam tahapan kita selanjutnya setelah rekapitulasi perolehan suara beberapa waktu lalu, sesuai dengan PKPU nomor 07 tahun 2016 Tentang tahapan, program dan jadwal Pilkada, disebutkan tahapan selanjutnya adalah penetapan calon bupati dan wakil bupati terpilih itu dijadwalkan pada tanggal 08 sampai dengan 10 maret 2017,” Sebut Yatar. Namun sehari yang lalu kita (KPU-red) menerima surat edaran dari KPU RI dengan nomor 199, terkait dengan penetapan calon terpilih. Dalam surat edaran tersebut salah satu syarat Calon terpilih itu adalah KPU Kabupaten/Kota menerima Surat Keterangan dari mahkamah Konstitusi yang menyatakan bahwa Kabupaten/Kota tersebut tidak ada objek sengketa di mahkamah Konstitusi,” Kata Yatar menyebutkan isi surat dari KPU RI tersebut. Ditambahkannya, “Balasan surat dari MK ke KPU itu baru bisa dimulai tanggal 13/03 ini.

Tentunya berdasarkan surat edaran tersebut dan KPU RI pihaknya menyesuaikan jadwal atau tahapan dari MK terkait surat keterangan itu. Tentu saja KPU akan melakukan revisi jadwal tahapan Pilkada terkait penetapan pasangan calon terpilih itu diatas tanggal 15 Maret,” Sebut ayah satu anak ini. Lebih lanjut Pria jebolan IAIN Sunan kali jaga Yogyakarta ini menjelaskan, “Jika pada tanggal 13 Maret nanti sudah keluar surat keterangan dari mahkamah Konstitusi yang dimaksud tadi, Insya Allah KPU Kabupaten Kampar akan menetapkan pasangan Calon terpilih pada Pilkada Kampar pada tanggal 15 yang akan datang,” Papar Yatarullah sembari menyebutkan bahwa dipastikan bahwa di MK tidak adanya gugatan dari pasangan calon terhadap hasil perolehan suara Pilkada Kampar, mengingat masa pengajuan gugatan di MK sudah berakhir,” Katanya.

Meski di Mahkamah konstitusi tidak adanya gugatan atau pengaduan, namun Yatarullah tidak menampik adanya aduan dari masyarakat terhadap lima orang komisioner KPu kabupaten Kampar ke DKPP, “Ya, benar. Lima orang komisioner diadukan masyarakat ke DKPP. Namun itu tidaklah menghambat proses dan tahapan Pilkada Kampar. Kita siap untuk itu dan sifatnya kita wait and see. Kita siap dipanggil untuk memberikan keterangan,” Ujar Yatar Yakin. (Full).

Komentar Facebook