Kecolongan Satu Momen, Panwas Minta ‘Tolong”

268

Bangkinang (SANGGAM.info) Selaku institusi yang ‘diperkenankan’ dalam mengawasi jalannya Pemilihan Umum Kepala Daerah adalah Panwas, layaknya dapat menjalankan tugas mengawasi proses pilkada dari awal hingga tuntas.
Namun tampaknya, Panwas Pilkada Kampar kehilangan satu momen penting. Apa itu? Ketika dihubungi SANGGAM.info beberapa hari lalu, Ketua Panwas Kabupaten Kampar Martunus Rahmat, S.Ag dengan tegas menyatakan bahwa pihaknya memang melewatkan satu kegiatan proses pilkada yakni Verifikasi administrasi dukungan masyarakat atas Bakal Calon Bupati berikut wakilnya melalui jalur independen atau perseorangan.
“Inilah kendala kita. Kita akui itu. Ini bukan factor kesengajaan namun tahapan penerimaan Panwascam belum kelar. Pelantikan panwascam baru akan dilakukan setelah verifikasi di KPU Kampar rampung,” Ujar Martunus biasa ia disapa.
Kata Martunus, “Kita di panwas yang merupakan komisionernya hanya tiga orang. Namun kita tetap akan melakukan koordinasi dengan KPU terhadap jalannya proses dan tahapan pilkada Kampar ini,” Tegas Martunus di Kantor Panwas Kabupaten Kampar, Jalan Panjaitan Ujung Bangkinang.
Lebih lanjut ia mengatakan, “Jangan kami (Panwas-red) tidak siap. Kami sangat siap melakukan tugas dan fungsi pengawasan terhadap ajang politik ini. Sangat siap. Kita akan berusaha maksimal dalam menjalankan tugas,” Ujar Tunus yakin.
“Meskipun kita siap ‘mengawasi jalannya pilkada Kampar ini, namun kita juga berharap agar seluruh masyarakat ikut mengawasi seluruh tahapan-tahapan pilkada. Jadi kita juga berharap adanya upaya bersama untuk mengawasi pilkada. Tentu saja mekanisme pengawasan dan pelaporan juga harus mengacu pada aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” Katanya lagi.
“Misalnya jika ingin melaporkan kejadian atau pelanggaran, masyarakat bisa melaporkan langsung kepada Panwas Kabupaten, Panwascam dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL). Jadi kita juga mohon partisipasi aktif masyarakat. Dengan demikian, masyarakat juga berperan dalam mensukseskan pilkada Kampar yang bersih,” Ujar Martunus Rahmat. (Full).

Komentar Facebook