Kakan Kemenag Kampar : Hari Raya Idul Adha Jatuh Pada Tanggal 12 September 2016

174
Bangkinang (SANGGAM.info)  Hari raya Idul adha atau yang dikenal dengan Hari raya Qurban, tahun ini jatuh pada hari senin tanggal 12 september 2016. Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Fairus MA, didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H Dirhamsyah MSy hari jumat (09/09) diruang kerjanya.
Fairus menjelaskan, Penetapan hari raya Idul Adha ini dilakukan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat sidang isbat penetapan awal Zulhijjah di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin No. 6 Jakarta, Kamis (1/9). Yang mana Pemerintah menetapkan Awal Zulhijjah 1436H jatuh pada hari Sabtu, 3 September 2016, sehingga Hari Idul Adha 1437H jatuh pada hari senin tanggal 12 September 2016.
Hal ini berdasarkan laporan hasil pengamatan tim hisab rukyat Kementerian Agama yang disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah M. Thambrin bahwasanya petugas rukyat yang tersebar di 29 titik di seluruh Tanah Air tidak melihat hilal. Posisi hilal berada di bawah ufuk minus 0 derajat 13 menit sampai minus 0 derajat 5 menit. Dengan tidak terlihatnya hilal, maka bulan Zulqaidah diistikmalkan atau disempurnakan menjadi 30 hari, dan 1 Zulhijjah 1437H jatuh pada tanggal 3 September 2016. Dengan demikian tanggal 10 Zulhijjah (hari raya Idul Adha) bertepatan pada hari Senin tanggal 12 September 2016, jelas Fairus.
Dengan ditetapkannya hari raya idul adha ini, hendaknya dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan sholat Idul Adha, baik di Masjid maupun di lapangan oleh seluruh umat muslim, terutama yang berada di Kab. Kampar. Dan kita juga menghimbau kepada seluruh Kepala Kantor Urusan Agama se-Kab. Kampar untuk mendata jumlah hewan qurban, didaerah kerjanya masing-masing, yang kemudian dilaporkan langsung ke Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar, pungkas Fairus. (Full/Rls)
Komentar Facebook