Ini Dia Tanggapan Ringkas, Ninik Mamak tentang Dubalang Kampar

3990
Foto Bersama Ninik Mamak Usai Rapat

Bangkinang (SANGGAM.info) Dalam pertemuan Ninik Mamak Pemangku Adat Kampar 22/02/2016 tersebut, SANGGAM.info merangkum tanggapan beberapa Ninik Mamak tersebut. Berikut ringkasan Tanggapannya:

Niniok-Datuok-Rajo-Dubalai
Niniok-Datuok-Rajo-Dubalai

Niniok Dt. Rajo Dubalai; “Kita merasa tidak senang. itu (Dubalang dan Pucuok Andiko-red) adalah hak ninik mamak dalam menentukan dubalang setiap satu suku ada dubalangnya. Kami selaku pemangku adat menolak. Itu nanti akan kami bicarakan dilembaga adat. Kami tidak terima”.


H. Sartuni (Ketua Lembaga Adat Kampar)
; “Kami sebagai Ketua Lembaga Adat yang tinggal di Air Tiris memang telah mendengar hal ini sekitar satu bulan yang lalu, tentunya begitu banyak telfon, sms, mempertanyakan dalam hal ini keberadaan dubalang yang didirikan, diluar dari dubalang adat yang ada. Dubalang itu di kabupaten tidak ada..”

H. Suhaili Dt. Mudo
H. Suhaili Dt. Mudo


Suhaili Dt. Mudo
; Saya ingin menyampaikan kepada aparat pemerintah di tingkatan kabupaten, provns atau secara nasional, ereka harus tahu kia manusia iun dilahirkan ada tiga pokok. Oertama hukum agama, hukum adat dan hukum Negara. Negara dalam hal, ini jangan menobrak-abrik adat yang ada di Indonesia ini.
Di Kampar sudah terlalu jauhnya melangkah pejabat kita, masa seorang pemimpin di Kabupaten mengobrak-abrik keentuan adat yang ada di neger ini. Ini sudah merusak. Kami mohon kepada mereka untuk menyadari hal ini. Kami kaum adat tidak pernah mengobrak-abrik urusan pemerintahan.

H. Donal Althin (Dt. Majo Kayo)
H. Donal Althin (Dt. Majo Kayo)

Nama Dubalang itu milik kaum Adat bukan dimiliki oleh pemerintahan. Jika ini berlanjut dan tidak ada perubahan, maka dipastikan kaum adat tidak akan menerima hal tersebut.Silahkan gunakan nama lain selain Dubalang. Lascar misalnya. (Full/Rwhy)

Komentar Facebook