Hermansyah : Kita Harus Banggakan Melayu

48
Pekanbaru (SANGGAM.info) Kedatangan Mahasiswa Thailand ke Riau disambut baik Pihak Universitas Lancang Kuning (UNILAK) Pekanbaru. Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang jadi sasaran kunjungan Pemuda-Pemudi yang menuntut ilmu di University of Songkla Pattani Thailand ini adalah sebagai bentuk kepercayaan para penerus masa depan Melayu.
Demikian disampaikan Dekan fakultas Ilmu Budaya, Universitas Lancang Kuning, Pekanbaru Hermansyah, SS., MA kepada SANGGAM.info di Pekanbaru, 15/07/2017. Dikatakan Hermansyah,  “Unilak melalui Fakultas Ilmu Budaya senantiasa berupaya memantapkan pemahaman seluruh aspek dunia Melayu kepada mahasiswanya,” Sebut pria yang menggeluti dunia sastra sejak bangku sekolah ini serius.
Lanjut Hermansyah yang didampingi Dosen FIB hang Kafrawi, Iik Idayanti, Fiqru Mapar dan staf FIB mengatakan, “Terkait kedatangan sepuluh mahasiswa dari Melayu dari Thailand Selatan ini, kita berikan apresiasi kepada mereka dengan mmepercayakan FIB Unilak untuk menimba ilmu dunia Melayu Riau, khususnya tentang Semantik BahasaMelayu dan Semantik bahasa Indonesia, Puisi, Pantun dan aspek budaya lainnya. Dengan ini kita mengharapkan mereka juga dapat menyerap materi yang akan kita berikan kepada mereka,” Imbuh Hermansyah.
Bicara Melayu bukan lagi kita bicara suku dan kedaerahan, melainkan jika bicara Melayu kita sudah bicara bangsa. Itu tidak bisa dipungkiri, kenyatannya, Melayu itu tidak hanya ada di Riau, Kepri, dan Indonesia saja. Tapi juga ada di Kamboja, Vietnam dan Thailand seperti saudara muda kita yang menimba ilmu di FIB Unilak ini,”Terang Herman.
Pihak Unilak memberikan fasilitas mobilisasi transportasi serta penginapan buat mahasiswa Thailand. Sedangkan FIB sebagai panitia memberikan materi-materi pembelajaran Melayu Riau kepada mereka.
Destinasi kunjungan juga sudah disiapkan, seperti Museum Sang Nila Utama Pekanbaru, berkunjung ke Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Peninggalan sejarah Melayu di Istana Siak Sri Inderapura yang tujuh puluh lima persen masih utuh dan Candi Muara Takus.
Hermansyah menegaskan, kedepannya kita berharap adanya jalinan kerjasama yang lebih baik dan intens dengan Prince of Songkla University, Thailand ini. Mudah-mudahan bakal ada mahasiswa dari Thailand dengan adanya tukar ilmu dan informasi dengan mereka. Yang harusnya  bagi kita Melayu ini patut untuk dibanggakan,” Pungkas Hermansyah. (Mydn)
Komentar Facebook