EDI YUSMAN TANTANG DUBALANG KAMPAR

4984
edi yusman

Bangkinang (SANGGAM.info) Kegelisahan akan Dubalang Kampar sudah meluas. Kalau Ninik mamak merasa kurang puas, kini giliran anak kemenakan yang angkat bicara. Edi Yusman, disaat konferensi pers yang digelar H. Donal Althin Dt. Majo Kayo Senen, 29/02/206 di Bangkinang menyatakan kekesalannya.

Jika sebelumnya Dt. Donal mengatakan agar persoalan Dubalang Kampar ini tidak menjadi luas, maka kita harusnya bermusyawarah. Bak ‘Maelo obuok dalam topuong, obuok indak putui, topuong indak taseghak. Maka Edi Yusman yang biasa di sapa Edi Datuok, malah sebaliknya mengatakan jika persoalan Dubalang Kampar ini tidak bias diselesaikan dengan baik-baik, ataupun jalan yang sedang ditempuh oleh Ninik mamak Kampar juga tidak dapat diterima oleh pihak Dubalang Kampar, maka jalan yang nyata sudah didepan mata, yakni biarlah ‘obuok Putui, dan bialah topuong taseghak,” Kata Edi Yusman lantang disambut riuh di sekitar konferensi pers itu.

Ketika ditanya apa maksud pernyataan itu, Edi Yusman mengatakan , “Sudah jelas itu arti pernyataan saya. Memang kita menyadari kinerja para Ninik mamak tidak maksimal, itu pun tidak semua, Namun jangan kondisi itu kita perparah lagi dengan melecehkan institusi adat apatah lagi melecehkannya dengan perlakuan terhadap ninik mamak akhir-akhir ini, karena kita Kampar ini adalah orang yang dikenal beradat dan beradab,” Kata Edi Datuok lagi.

Lebih lanjut Edi mengatakan, Saya secara pribadi akan mendorong upaya ‘jalan’ tersebut, biar rambutnya putus dan tepungnya terserak,” Katanya dalam bahasa ocu. Biar tahu mereka juga tidak bias semena-mena,” Ucapnya lantang.
Edi Yusman yang berprofesi kontraktor ini ketika dibisiki, “Sst nggak takut nggak kebagian proyek tahun ini, Tuok?” Edi Yusman malah makin memerah muka, “Saya ini hidup punya tuhan. Rezki sudah diatur oleh-Nya. Kenapa musti takut, toh rezki itu bukan Dubalang Kampar yang atur,” Ucap Edi akhirnya. (Full)

Komentar Facebook