Cokro: “Terima Kasih, Pak Bupati…”

7
           Bangkinang (SANGGAM.info), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar dibawah kepemimpinan Ir. H. Cokroaminoto, MM berupaya semaksimal mungkin dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) OPD. Upaya peningkatan kinerja Instansi  ini terus digulirkan.
            Demikian dikatakan Cokro kepada SANGGAM.info di ruang kerjanya, Rabu, 05/09/2017 di Bangkinang. Pria dengan berbagai pengalaman organisasi ini mengatakan bahwa OPD pimpinannya berusaha menterjemahkan kebijakan Kepala Daerah yakni H. Azis Zainal dan Catur Sugeng Susanto, SH masing-masing selaku Bupati dan Wakil Bupati Kampar periode 2017-2002.
            Pembangunan di bidang Kebersihan memang setakat ini masih khusus di wilayah perkotaan. Sarana dan prasarana pengelolaan kebersihan perlu ditingkatkan sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk serta kecendrungan masyarakat yang konsumtif. Ini tentu saja berdampak kepada meningkatnya volume sampah yang dihasilkan rumah tangga, dunia medis, Pasar dan dunia usaha lainnya, baik dari jenis sampah serta karakteristik sampah tersebut.
            Bahwa pengelolaan sampah perlu dilakukan secara konfrehensif dan terpadu guna mengurangi  dan menangani sampah yang berwawasan lingkungan hidup, bersih dan sehat. Hal ini mengacu kepada ‘pesan’ Undang-undang 23 Tahun 1997, tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup,” Kata Cokro yang didampingi Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar.
            “Untuk capaian yang maksimal dalam pengelolaan kebersihan atau sampah diperlukan sarana dan prasarana penunjang kebersihan tersebut,” Kata Cokro lagi, “Sarana atau armada yang dimiliki oleh Dinas ini untuk Kota bangkinang sebanyak 12 (dua belas) armada angkut sampah. Sedangkan untuk beberapa pasar seperti Pasar Lipat kain, Pasar Danau Bingkuang, Pasar Siak Hulu, Pasar Suram, Pasar Kampa, memiliki satu armada dumptruk,” Papar Cokro.
            Ditambahkannya, Sedangkan untuk pasar Air Tiris armada masih kita datangkan dari armada yang standby di Bangkinang. Untuk Pasar Kuok armada dinas ini satu unit yakni mobil PickUp, sebut Cokro juga mengatakan bahwa untuk usaha meraih Piala Adipura yang akan datang telah dibentuk Tim Adipura Kabupaten Kampar. Tim tersebut tertuang dalam SK Bupati Kampar, Nomor 660/DLH-Bid. 4-PPK/2017/32, tertanggal23 Agustus 2017.
            Menyinggung tenaga kebersihan, Cokro mengatakan bahwa dinas saat ini memiliki 223 orang Tenaga kebersihan. Jumlah itu menyebar mulai dari Ibu Kota Kabupaten Kmapar Bangkinang sampai pada pasar-pasar yang ada di daerah. Sedangkan jumlah Pegawai Negeri Sipil di Dinas ini sebanyak 55 personil.
            Dikatakan Pria bertutur lembut namun kritis ini, Dinasnya berupaya meningkatkan sarana dan prasarana penunjang kebersihan dan lingkungan. Seperti pengadaan alat berat, dump truck, mobil pickup dan sebagainya. mengingat dengan sarana dan prasarana tersebut upaya maksimal kinerja dinas akan tercapai.
            Cokro menambahkan, Masalah kebersihan bukan saja masalah dinas dalam penanganannya. Kesadaran masyarakat akan kepedulian pola hidup bersih dan sehat, pengelolaan sampah patut ditumbuh kembangkan. Jika saja masyarakat kita berupaya menumbuh kembangkan kesadarannya, maka setidaknya akan tergambar dari pola penanganan sampah keluarga. Ini dibuktikan dengan telah terpilahnya sampah organic dan sampah non organic ketika di Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPS).
            Itu salah satu contoh, hal lain akan dapat tergambar dari kesadaran masyarakat dengan  membuang sampah pada tempatnya.  Lokasi atau titik pembuangan sampah yang tidak semestinya, tidak terjadi lagi. Ini ‘kan banyak terjadi seperti di jalan lingkar, ke dalam sungai maupun saluran drainase yang dapat menyebabkan terganggunya saluran sungai dan drainase, termasuk dijalan Negara Pekanbaru – Bangkinang.
            Upaya ke depannya, Cokroaminoto mengatakan, upaya maksimal itu kita akan capai. Dan pada kesempatan ini izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyadari arti penting kebersihan lingkungan dan penanganan sampah yang tepat.
            Ucapan terima kasih kami juga haturkan kepada Bapak Bupati Kampar H. Azis Zainal, SH yang telah ikhlas menerima walaupun Kampar hanya memperoleh Sertifikat Adipura, bukan Piala Adipuranya yang kita peroleh beberapa waktu lalu. Kenapa kami mengucapkan terima kasih, Karena disaat itu bapak Bupati Azis Zainal mengingatkan bahwa sampah dan lingkungan ini adalah pekerjaan berat dan harus kontiniu, melibatkan banyak pihak yang diperlukan kesadarannya. Dan sertifikat ini untuk ke depannya sudah bisa berupa Piala Adipura,” Katar Cokro serius, menirukan ucapan Bupati Kampar.
            Cokropun menilai sifat mengayom yang dimiliki Bupati untuk mengajak OPD memaksimalkan tugas dan fungsi ini patut dihargai dengan upaya peningkatan kinerja untuk dimasa yang akan datang. Terima kasih, Pak Bupati,” Ucap Cokro disambut senyum Sekretaris Dinas dan Kabid Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar. (Full).
 
           
 
Data Dinas :
 
Kepala Dinas              : Ir. H. Cokro Aminoto
Sekretaris                   : Syafrifuddin, S.Sos, MT
 
Jumlah PNS                : 55 orang
 
Jumlah THL                 : 223 orang (tersebar di Kabupaten Kampar)
 
Alamat Dinas              : Cadika Bangkinang
 
Visi                              : Terwujudnya Lingkungan Hidup yang bersih, sehat, asri dan Berkelanjutan.
 
Misi                             :
1. Meningkatkan perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup.
2. Meningkatkan penyediaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana lingkungan hidup.
3. Meningkatkan pelayanan dan partisipasi masyarakat di bidang lingkungan hidup.
4. Meningkatkan kualitas lingkungan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
5. Meningkatkan sumber daya manusia dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup.
 
Contak / Pengaduan  0822 83311157.
Komentar Facebook