Bupati Azis Keluarkan Edaran

139
            Bangkinang (SANGGAM.info) Gerakan one day no rice ternyata didukung penuh oleh Bupati Kampar H. Azis Zainal. Hal tersebut dibuktikannya dengan diterbitkan Surat Edaran Bupati Kampar Nomor : 444.3/DKP-Set/311, tentang Gerakan Satu Hari Dalam Seminggu Tanpa Beras (One Day No Rice).
            Dalam surat  tertanggal  18 Juli 2017 yang ditujukan kepada Pimpinan Instansi Vertikal, OPD, Camat, Lurah/Kepala desa, Lembaga Pendidikan Tinggi, Sekolah-sekolah, Organisasi Sosial Kemasyarakatan, dan Seluruh Tokoh Agama, Ninik Mamak, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita se – Kabupaten Kmapar tersebut menghimbau dan mencanangkan “Gerakan Satu Hari Dalam Seminggu Tanpa Beras (one day no rice).
            Masih dalam surat edaran itu, surat yang ditujukan kepada pihak tersebut di atas, dihimbau agar menjadi pelopor dan teladan dalam mensosialisasikan bagi upaya penurunan konsumsi beras dengan cara mengganti pola konsumsi makanan dari beras ke pangan non beras seperti ubi kayu, ubi jalar, umbi talas, Jagung, Pisang Batu dan buah Sukun.
            Bupati H. Azis Zainal juga menginstruksikan kepada semua Pemilik Hotel, Penginapan, Warung Rumah Makanan dan Minuman serta Café, pada hari kamis setiap minggu agar tidak menjual makanan yang dibuat dari bahan dasar beras dan terigu dan menggantikannya dengan pangan lokal produksi Kabupaten Kampar.
            Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kampar, Aliman Makmur kepada SANGGAM.info, Rabu, 02/08/2017 di Bangkinang, mengatakan bahwa bagi Kita Masyarakat Kabupaten Kampar yang dikenal agamis ini, sebenarnya tidak ada hambatan untuk menerapkan program ini, mensukseskannya. caranya sangat mudah sekali, bahwa dalam ajaran agama kita Islam menganjurkan ibadah senen dan kamis. maka dari itu, dalam surat edaran Bupati Kampar ini, beliau menghimbau untuk berpuasa pada hari kamis. niatannya tentulah ibadah yang utama,” kata Aliman Makmur.
            Dikatakannya, “Jumlah konsumsi beras Kabupaten Kampar adalah 116.8 kg perkapita, pertahunnya. Atau rata-rata 320 gram perkapita, perhari lebih tinggi  dibandingkan kuantitas konsumsi rata-rata nasional, yakni  sebesar 114 kg perkapita, perhari. Inilah salah satu dasar pemikiran pokok kenapa Kabupaten Kampar mengadakan gerakan one day no rice ini. (Full)
Komentar Facebook