BPBD Kampar gelar pelatihan Tanggap Bencana

1695

Bangkinang (SANGGAM.info). Bencana merupakan kejadian darurat yang memerlukan kesiapan berbagai pihak dalam penanggulangannya. Untuk itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kampar (BPBD) menggelar kegiatan Pelatihan. Pelatihan yang diadakan di tiga kecamatan di Kab. Kampar itu meliputi Kecamatan Tapung, Kecamatan Kampar Timur, dan Kecamatan Koto Kampar Hulu itu mengambil peserta dari unsure masyarakat. Sebab masyarakatlah pihak pertama yang merasakan dampak dari bencana. Makanya kita beri mereka ilmu lewat pelatihan tersebut, kata Kepala BPBD Kab. Kampar Irtarius, SP, M.Si kepada SANGGAM.info melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Zul Edi, S.ST.

Pelatihan BPBD KPR (1)

Menurut Zul Edi, kegiatan yang dilaksanakan pada 13 mei sampai dengan 26 mei 2015 ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan BPBD Kab. Kampar dan secara bergiliran kegiatan ini dilaksanakan pada kecamatan lain untuk waktu berbeda. Sebab terkadang kita menyepelekan kekuatan masyarakat yang terkena bencana, sementara masyarakat itu sendiri pada dasarnya sudah punya potensi untuk mengatasi bencana, kata Zul Edi yang didampingi Nasri Roza, S.Sos bertindak selaku PPTK Pembinaan Penyelenggaraan Tanggap Darurat BPBD Kab. Kampar.

Ditambahkan Nasri Roza, Itu bukan berarti kita mau lepas tangan, tidak. Tapi bagaimana kita memberikan pemahanan dan motifasi serta memberi ilmu bagaimana menghadapi situasi saat dan pasca terjadinya bencana atau musibah. Karena musibah ini membutuhkan kepedulian dan kekuatan dari semua unsure lapisan masyarakat. Ujar Nasri Roza. (Full).

Komentar Facebook