Berawal dari Kepedulian akan Adat Istiadat

390
Ade Irawan, Hafiz dan Amal
Ade Irawan, Hafiz dan Amal

Bangkinang (SANGGAM.info) Helatan Sillaturrahmi Akbar Masyarakat Tapung Raya ini muncul tatkala adanya kesadaran kami tentang keprihatinan kemerosotan Adat Istiadat Kampar, khususnya Tapung. Disitu muncul keinginan untuk membesarkan adat istiadat tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Hafizan, ST di gedung DPRD Kampar Bangkinang, 02/08/2016. Menurutnya ide ini muncul tatkala kita mau bikin acara lomba kuliner khas Tapung, namun ini tidak mengikat warga Tapung secara keseluruhan. Maka, kami mengambil keputusan di Tapung Harytage itu, bagaimana caranya agar seluruh Tapung ini bersatu, plus Kecamatan Tandun dan Kabun,” Ujar Hafizan.

Dikatakannya, “Ending dari keputusan kami tersebut adalah muncul iktikad kuat untuk menggali adat istiadat Tapung. Itulah tujuan pertamanya. Karena pun kami selama ini oleh pemerintah serasa dipisah-pisah, sehingga secara administrative kami disebut Tapung Hilir, Tapung Hulu dan Tapung. Padahal sebenarnya satu,yakni Tapung,” Sebut Hafiz lagi.

Tapung punya banyak tokoh-tokoh besar di Luar daerah. Seperti bapak Nasrun Effendy, Edi Basri yang terkenal itu juga berasal dari Tapung tapi kami hanya kenal nama, Dt. Suhaili juga tahu namanya saja. Dan kami tidak kenal dengan mereka secara langsung. Sementara jika dikaitkan dengan partai politik, ya jelas tidak ada. Sama sekali kita tidak berfikir dengan moment pilkada ini kita buat gerakan yang punya tujuan kea rah itu, tidak,” Kata Hafiz mantan Wartawan di Batam itu.

“Jikapun ada nantinya pihak-pihak tertentu memanfaatkan momen sillaturrahmi Akbar masyarakat Tapung ini untuk kepentingan pilkada Kampar 2017, tentu akan kita pertanyakan. Memang itu tak tertutup kemungkinan. Yang jelas kita tak ingin acara ini digiring ke politik Pilkada Kampar 2017 yang akan datang,” Ujar Hafizan mengakhiri. (Full)

Komentar Facebook