300 Penari Ambil Andil Dalam Tari Massal, pada Open ceremony of Porprov 2017

12
           Bangkinang (SANGGAM.info), Seniman Kampar berbulat tekad setelah diberikan kepercayaan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar untuk menggarap Open Ceremony Pekan Olahraga Provinsi Riau ke IX Tahun 2017. Sebanyak 300 penari akan unjuk kebolehan dibawah arahan Wan Harun Ismail, M.Sn (Pengurus Dewan Kesenian Kampar dan Dosen Sendratasik UIR Pekanbaru), dan Awal Zumardi. Tari massal itu diberi judul, “Kampar dari Masa ke Masa”.
Demikian disampaikan oleh salah seorang penggagas tari massal Benni Ikhsan ketika dihubungi Minggu Malam, 21/10/2017. Dikatakan Benni Ihsan, “Meskipun pada awalnya keberadaan seniman lokal di Kabupaten Kampar dianggap sebelah mata, namun kepercayaan yang besar diberikan kepada kita seniman dan pemerhati seni – yang ketika itu oleh  Dt. Yusri dalam bentuk tantangan- segera kita ‘tangkap’. Tantangan itu, ya kesiapan kita dalam mengolah open ceremony PorProv nanti,” Kata Iben.
Dikatakannya, “Saat ini kesiapan garapan kita sudah 90 persen tinggal lagi persiapan-persiapan kecil yang tidak merupakan kendala dalam pelaksanaan nanti,” Ujar Pria ini tanpa merinci sepuluh persen persiapan lainnya tersebut.
“Ada Tiga fase Sejarah di Kabupaten Kampar kita ini,” Kata Iben lagi, “Yakni, Fase Kejayaan Peradaban di Muara Takus. Fase kedua adalah Kejayaan Kampar berhasilnya menggagalkan penjajahan di Bumi Kampar tercinta. dan fase terakhir adalah Fase Kebangkitan Islam pasca Kemerdekaan sampai sekarang. Bahwa tidak dapat dipungkiri Kampar dikenal dengan lingkungan masyarakatnya yang agamis bahkan dulunya pernah dijuluki Negeri Seerambi Mekkahnya Riau, yang kemudian  julukan tersebut, dikukuhkan kembali,” Sebut Benni.
Ketiga Fase inilah yang kita ambil dalam judul tari Massal tersebut, “Kampar dari Masa ke Masa. “Dalam arti luasnya, bahwa dengan mengambil contoh semangat pemimpin Kampar hari ini mengajak rakyatnya untuk kerja, kerja demi Kemajuan Kabupaten Kampar tercinta ini yang kita masukkan dalam gerakan-gerakan taria massal tersebut,” Imbuh Iben menyebut Tari massal itu digarap oleh  lima puluh kru yang terdiri dari Kepala Pelatih, Asisten Pelatih dan Pemusik latar Tari.
Ditambahkannya, “Dengan sedikit membaca latar kehidupan masyarakat Kampar tempo dulu, kita Tim Perancang Tari Massal ini yakni, Bapak Latief Hasyim, Sudirman Agus, Marwan Nasution, Wan Harun, Salman Aziz, Taufik Yendra Pratama, David Hendra dan saya sendiri, coba masukkan unsur kekuatan yang telah mengakar dalam hidup masyarakat kita,” Sebut Iben.
“Insya Allah, suguhan tari massal ini tidak akan mengecewakan, karena disamping kita punya niat untuk menyukseskan Porprov yang Kampar adalah tuan rumahnya ini. Disamping memang didukung oleh praktisi Seni dan mahasiswa seni dan pelajar yang punya semangat luar biasa dalam tahapan latihan tari ini,” Imbuh Sastrawan muda yang karya tulisnya sudah banyak dimuat diberbagai media lokal dan nasional ini.
Lanjut Benni, “Spirit kehidupan masyarakat Kampar dahulu harus terus dikembangkan seiring dengan ajakan Bupati Kampar untuk Kerja, kerja supaya Kampar bisa Maju. Ini akan dapat lebih bermakna positif seiring adanya moment adu sportifitas pada Pekan Olahraga Provinsi Riau ke IX ini.
Namun demikian, Benni Ihsan tidak menampik bahwa kekurangan-kekurangan itu pasti ada, namun dukungan dan usaha untuk memperbaiki kekurangan itu harus ada, demi kesuksesan Porprov nanti. Kata Benni menyebut persiapan Tari massal ini sejak bulan Juli lalu.
Dikesempatan ini, Pria tambun ini juga menyampaikan segores harapan, bahwa ajang Porprov ini merupakan wahana bagi Kampar menunjukkan jati diri. Maka, selayaknya segenap masyarakat, tidak hanya bagi pemerintah atau pelaksana Porprov saja, masyarakat juga diminta menunjukan siopan-santun kepada atlit luar dan tamu lainnya.

Karena tidak mustahil juga kesuksesan Pelaksanaan Porprov ini juga akan berimbas semakin banyaknya para pelancong berkunjung ke Kampar terutama daerah tujuan wisata Kampar,” Sebut Iben sembari tandaskan bahwa Seniman Kampar pada dasarnya mampu bersaing dengan seniman daerah manapun dengan potensi yang dimiliki. (Full/Bi2)

Komentar Facebook